5 Kegunaan Spooring dan Balancing Mobil

5 Kegunaan Spooring dan Balancing Mobil

Spooring dan balancing merupakan salah satu bagian dari servis rutin yang harus dilakukan pada mobil. Tujuannya agar laju mobil tetap lurus. Jika laju mobil dirasa mulai berubah, mungkin saja itu menjadi tanda-tanda bahwa mobil perlu spooring dan balancing. Spooring balancing adalah mengembalikan kondisi mobil agar tetap stabil saat digunakan. Para pemilik mobil harus rajin melakukan hal ini secara rutin. Jangan sampai Anda telat melakukannya karena hanya akan membuat mobil tidak bisa berfungsi dengan maksimal.

Spooring

Spooring biasanya dilakukan untuk menyeimbangkan atau menyelaraskan roda mobil. Penyelarasan dilakukan agar ban depan dan bagian belakang lurus sesuai standarnya.

Dalam penyelarasan biasanya, mobil mendapatkan menjalani beberapa proses agar mengembalikan posisinya mulai dari camber, caster, toe angle dan turning radius.

Dengan melakukan spooring, kaki-kaki mobil akan selaras sehingga kestabilan mobil akan terjaga saat digunakan. Hal yang bisa dirasakan setelah roda mobil menjalani spooring, adalah kemudi yang lebih enteng, sehingga membuat pengemudi tidak cepat lelah.

Spooring juga membuat gaya putaran kembali berjalan normal sehingga mencegah mobil berbelok sendiri. Hal ini terjadi karena kondisi roda yang tidak lurus.

Spooring perlu dilakukan secara rutin agar kaki-kaki mobil lebih terawat. Merujuk berbagai sumber, roda mobil perlu melakukan spooring paling tidak tiga atau empat bulan sekali. Namun tergantung pada kondisi roda mobil.

Balancing

Mirip denga spooring, balancing juga berfungsi utnuk menyeimbangkan roda. Hal ini dilakukan agar ban lebih seimbang dan sesuai dengan pusat rodanya. Biasanya balancing ban mobil dilakukan terutama saat penggantian ban atau pelek baru.

Tujuan balancing untuk memberikan putaran roda yang seimbang. Dengan keseimbangan yang ada pada mobil, pengemudi akan merasa lebih nyaman saat berkendara, apalagi saat melewati jalan dengan kontur bergelombang.

Sora Sae Trans sendiri sudah merangkum 5 Kegunaan Spooring dan Balancing pada Mobil :

  1. Efisiensi Bahan Bakar

Ketika beberapa bagian mobil tidak tertata dengan baik, maka ban mobil akan bekerja seperti yang tidak seharusnya. Karena masalah ini, mesin mobil akan menjadi bekerja lebih keras agar mobil dapat melaju ke depan. Dan dampak dari masalah ini tentu saja pemakaian bahan bakar akan meningkat dibandingkan dengan kondisi sebelumnya.

  1. Mengurangi Biaya Perbaikan Mobil

Bagian mobil terutama ban yang tingkat keausannya tidak merata bisa menyebabkan mobil menjadi rusak sebelum waktunya tiba. Ketika ban mobil melindas lubang di jalan, setir mobil dan juga sistem suspensinya akan terkena imbas buruknya. Dan ketika bagian-bagian tersebut mengalami kerusakan, tentu saja kamu akan mengeluarkan biaya perbaikan yang cukup mahal.

  1. Berkendara Jadi Mulus

Ketika ban mobil belum di balancing, biasanya kamu akan merasakan pada saat berkendara bahwa kemudi setir bergerak sendiri ke arah kanan dan kiri padahal posisi kemudi sedang lurus. Dan akibat masalah ini, proses mengemudi pun menjadi tidak mulus serta tidak nyaman.

  1. Tingkat Keselamatan Menjadi Terjamin

Dengan melakukan perawatan mobil secara rutin, maka seluruh komponen yang ada pun akan bekerja dengan baik, termasuk kaki-kaki mobil. Terlebih bagian kaki-kaki adalah bagian yang cukup vital di sektor keamanan mobil.

  1. Memperpanjang Usia Ban Mobil

Seperti yang diketahui, ban mobil adalah salah satu komponen yang sangat penting dan juga memiliki harga yang cukup mahal. Ban akan menjadi cepat rusak apabila pemeliharaan dengan balancing tidak dilakukan secara rutin. Apabila mobil selalu tepat waktu untuk dilakukan balancing, maka ban akan menjadi awet dan tentunya pemilik tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk menggantinya. Kecuali memang apabila ban benar-benar rusak.

Demikian 5 Kegunaan Spooring dan Balancing Mobil, terima kasih sudah membaca 5 Kegunaan Spooring dan Balancing Mobil

Rental Mobil Tanpa Sopir Seharian di Kota Bandung Cuma Rp250.000/24 jam

Jalan-Jalan, nongkrong bareng teman, urusan bisnis, sampe anter mama belanja solusinya sewa mobil di Sora Sae Trans

Mobil yang tersedia :

Avanza AT/MT
Xenia AT/MT
Agya AT
Calya AT/MT
Sigra AT/MT
Mobilio AT/MT
BRV AT/MT
Yaris AT
dll

Sewa Mobil :
Harian mulai Rp 250.000/12jam
Mingguan mulai Rp 1.250.000/minggu
Bulanan mulai Rp 3.900.000/bulan

Rental mobil di Sora Sae Trans sejak tahun 2012 melayani pelanggan yang ingin berkeliling Kota Bandung dengan harga yang terjangkau, pilihan kendaraan beragam, bahan bakar irit, transmisi manual/otomatis, mobil keluaran tahun terbaru yang nyaman

Sewa mobil bisa melalui Tiketcom / Traveloka / Movic / Trevo/dll

Melayani persewaan mobil lepas kunci / dengan sopir untuk pribadi / perusahaan / mahasiswa / turis domestik / turis internasional dengan syarat mudah. Pilihan kendaraan transmisi manual / otomatis dengan model dan tahun baru yang pastinya nyaman untuk ada

Kami juga melayani penitipan kendaraan MPV / City Car dengan 5 – 7 seat minimal tahun 2020 untuk di sewakan

Hubungi kami untuk info lebih lanjut

Sora Sae Trans
Tlp/wa : 081 221 533 784
Order : wa.me/6281221533784
Senin – Sabtu : 09.00-17.00
website kami : klik disini

#rentalmobil #sewamobil #rentalmobilbandung #rentalmobilmalang #sewamobilmalang #rentalmobilmahasiswa #rentcar #rentalmobilbulanan #retalmobildansupir #bisnisrentalmobil #titipmobil #kelilingbandung #sewamobilmurahbandung #sewamobilmurah #sewamobilbulanan #liburanbandung #kelilingmalang #travelling #tipsliburan #rentalmobilmurah #sewamobilmurah #infobandung #rentalmobiltaksionline #infotrip #tourbandung #penitipanmobil #bandungrentcar #sewamobilbandung

5 Kegunaan Spooring dan Balancing Mobil
5 Kegunaan Spooring dan Balancing Mobil
admin
putikecwara@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *